Cara Membuat Kembang Api Berwarna

 Pada artikel kali ini kami akan coba untuk menjelaskan cara membuat kembang api berwarna serta bahan bahan pembuatnya. kembang api yang dimaksud disini adalah kembang api lokal, atau yang biasa di sebut juga dengan kembang api kawat, kembang api gandul, dll. kembang api ini biasa dimainkan oleh segala umur. juga terdiri dari berbagai ukuran dari pendek, panjang, jumbo, super jumbo sampai dengan mega jumbo. 

kembang api lokal yang biasa digunakan oleh Kurnia Toys & Fireworks adalah produksi dari kota sukoharjo ( Solo ) dengan merk Matador dan Phoenix. kembang api tipe kawat ini aman untuk digunakan karena tidak menggeluarkan ledakan, hanya bunga api yang meriah, tetapi tentu saja tetap harus memperhatikan cara bermain kembang api yang tepat dan benar.

Kembang api berwarna merah mengandung garam strontium. Sparklers terdiri dari logam tipis atau tongkat kayu dilapisi dengan campuran piroteknik sederhana. Kembang api berwarna sama mudahnya dibuat seperti kembang api biasa. Perbedaannya terletak pada senyawa oksidator yang digunakan. Pada dasarnya Anda mereplikasi tes api, kecuali secara terbalik karena Anda mengetahui warna yang diharapkan dari berbagai ion logam. Kalium nitrat atau senyawa akan memberikan warna ungu. Barium nitrat membakar hijau. Nitrat Stronsium menyala merah. Selain memesan dari toko peralatan kimia, Anda dapat menemukan nitrat strontium suar darurat dan potasium nitrat di beberapa toko taman pasokan (atau Anda dapat membuat sendiri). Anda dapat mencampur dalam garam logam lainnya dari uji nyala api berwarna atau daft
ar, tetapi hanya pergi untuk satu warna. Ada beberapa resep untuk kembang api berwarna. Berikut adalah beberapa contoh. Bahan tercantum dalam sesuai dengan beratnya, sehingga Anda dapat menggunakan miligram atau gram atau ons ...
Sparklers Merah
  • 5 bagian nitrat strontium
  • 1 bagian lakKawat besi Dip atau tongkat kayu dalam campuran dan biarkan hingga kering sepenuhnya sebelum digunakan. Pastikan untuk meninggalkan ruang yang cukup pada tongkat sehingga Anda dapat memegang kembang api dengan aman.

Sparklers Hijau
  • 300 bagian potasium klorat
  • 60 bagian barium nitrat
  • 60 bagian aluminium denda, berkepak-kepak, atau butiran
  • 2 bagian arang
  • 10% dekstrin dalam larutan airCelupkan kawat atau batang pada campuran yang dibuat dari bahan-bahan kering dengan larutan dekstrin hanya cukup untuk membuat bubur kental. Keringkan sparklers sebelum digunakan.

Sparklers Purple
  • 14 bagian potasium nitrat
  • 3 bagian bubuk belerang
  • 3 bagian arang bubuk
  • 2 bagian aluminium berkepak-kepak (untuk bunga api)
  • 10% dekstrin dalam airCelupkan batang pada campuran yang dibuat dari bahan-bahan kering dengan larutan dekstrin cukup untuk membuat bubur.
berikut adalah beberapa contoh warna dan bahan yang ada di artikel cara membuat kembang api berwarna, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan para pembaca.

4 komentar:

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  2. saya mau nnya bagaimana cara pembuatan kembang api yang hasilnya kluar nama seseorang pas dinyalain nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang sekali... Untuk sementara ini teknologi indonesia belum memungkinkan untuk membuat kembang api menjadi sebuah nama...

      Hapus

Terima Kasih atas comment nya... semoga dengan ini saya dibantu agar bisa bertambah maju... mohon dukungannya..

Artikel Terkait